Monday 25 July 2022

Pertama kali: masuk kerja sebagai "Umbi"

Suasana sebelum sumpah PNS dan jabatan fungsional, 1 Desember 2021
"There is a first time for everything."

Ada banyak hal yang baru bagi kita, termasuk bekerja sebagai (C)PNS. Pada hari Senin, 4 Januari 2021 saya pertama kali masuk ke PTRR BATAN di Puspiptek. Sebagai seorang pegawai baru dengan pakaian khasnya (atasan putih polos, bawahan celana bahan hitam), saya dan juga teman-teman lain "celingukan" karena benar-benar clueless ini tuh harus kemana, ngapain, dsb.

Pagi itu, saya mengayuh sepeda dari kos ke Puspiptek. Satpam di gerbang depan menanyakan "hasil tes SWAB", mungkin terlihat jelas dari kostum saya hari itu yang mengindikasikan pegawai baru. Saya bertanya di manakah letak kantor PTRR BATAN dan sedikit berbasa-basi mengenai banyaknya pegawai baru di Kawasan Puspiptek.

"Bunderan ke kanan, nanti ketemu belokan ke kiri, belok saja."

Ternyata lumayan jauh juga. Kawasan Puspiptek benar-benar luas. Pohon di mana-mana, terasa seperti bekerja di tengah hutan. Sampai akhirnya saya tiba di Kawasan BATAN (alias Kawasan Nuklir Serpong). Ternyata di sini juga ada petugas pengamanan lagi. Sungguh seperti di film-film. Fasilitas tertutup dan terbatas dengan pengamanan berlapis.

Setelah masuk di Kawasan Nuklir, saya pun diminta menyerahkan KTP di Pos "Kenanga" tuk ditukar dengan kartu tanda tamu (Visitor). Ada banyak mas-mas dan mbak-mbak dengan kostum serupa di sana. Dan banyak pula wajah-wajah bingung serupa. Kami diminta mengisi asesmen COVID-19 melalui link Google Form, biasalah asesmen seperti kapan terakhir kali ke luar kota, apakah mengalami flu/batuk, dan pertanyaan-pertanyaan serupa.

Setelah drama pertukaran kartu di Pos Kenanga, kami pun berduyung-duyung menuju gedung kerja masing-masing. Menurut info, PTRR BATAN ada di Gedung 11 yang lokasinya berada di ujung. You know, ketika orang-orang "bingung" bersatu, hasilnya adalah kerjasama dalam skala besar dan justru akan mengalir secara natural saja. Sesuatu yang biasa disebut swarm intelligence (alias kecerdasan gerombolan), yang biasanya teramati pada hewan-hewan yang hidup secara berkelompok seperti semut dan lebah. Satu ekor semut saja tidak akan bisa bertahan lama di alam, namun begitu ia berkelompok dalam koloninya, akan terbentuk kecerdasan bersama dan mereka pun dapat hidup dalam waktu yang lama pula. Begitu pula dengan sekumpulan orang bingung dan celingukan.

Kami sedikit terlambat ketika masuk Gedung 11, karena drama pertukaran ID di depan tadi. Itu pun tidak langsung masuk ke dalam gedungnya, masih harus mencuci tangan dulu dst. Lalu sebelum masuk suhu tubuh kami juga diukur tuk memastikan tidak lebih dari 37,2 derajat Celsius. Satu ritual yang umum dilakukan sejak era COVID-19 ini.

Setelah masuk gedung, kami diarahkan ke Ruang Rapat Lt. 1 tuk memperkenalkan diri masing-masing, perkenalan singkat apa itu PTRR, dan sebagainya. Tidak sampai 15 menit lalu kami diarahkan ke ruangan masing-masing. Karena hari itu ada orientasi dari Biro Sumber Daya Manusia dan Organisasi (BSDMO) BATAN. Acaranya virtual juga sih.

Lalu hari terlewati dengan berbagai sambutan, pengenalan, dan sebagainya di ZOOM.

***

Tak terasa waktu menunjukkan pukul 4 sore. Kami pun pulang. Dan, hari pertama sebagai CPNS BATAN pun terlewati. Hingga tak terasa hari ini sudah masuk semester kedua dari tahun kedua-ku berkerja di sini. Bahkan organisasinya sendiri sudah berubah nama dan struktur. Banyak hal telah terjadi dalam 2 tahun terakhir.


Magelang, 25 Juli 2022

Masih di rumah mertua




No comments:

Post a Comment