Monday 18 July 2022

Ayam geprek di Jakarta

ayam geprek

 disclaimer: Jakarta yang saya maksud di sini adalah Jabodetabek.

Dalam bahasa Jawa, "geprek" berarti memukul, menekan, dan melumatkan. Sehingga (sangat wajar kalau) ayam geprek di Jogja dan sekitarnya memang berbentuk seperti itu: hancur dan terlumatkan dengan sambal. BTW, Banyak yang bilang bahwa ayam geprek yang pertama kali ada di Jogja adalah Ayam Geprek Bu Rum, tapi itu untuk pembahasan lain saja.

Begitu sampai di Jabodetabek, istilah "geprek" mengalami perubahan makna yang sangat signifikan. Ayam "geprek" di Jakarta tidak benar-benar digeprek. Wujudnya masih utuh berupa ayam goreng tepung, yang diolesi dengan sambal. Agaknya, lebih pas kalau disebut ayam oles saja karena berbentuk demikian.

Pernah saking jengkelnya, saya kasih rating di shopeefood dengan sedikit "wejangan" di kolom komentarnya. "Mohon maaf pak, namanya ayam geprek itu ya digeprek. Kalau wujudnya seperti yang dihidangkan tadi, lebih pasnya disebut ayam oles." Selalu saja saya kirimkan rating dengan komentar serupa tuk setiap order dari resto di aplikasi online yang memberi judul "geprek".

Siapa tahu mereka insyaf.


Magelang, 18 Juli 2022

Masih di rumah mertua




No comments:

Post a Comment