Sunday 31 July 2022

Menulislah meskipun tidak ada yang membaca

 


"Cobalah buat suatu blog, dan mulai menulis di sana." Pikirku beberapa tahun silam. Dengan harapan bahwa hal itu akan mendatangkan keuntungan (finansial), saya pun rajin meng-update-nya. Tentu masih banyak hal yang tak seharusnya tertulis malah jadi tercurahkan di sana. Wajar, masih bocah.

Dan sekarang, saya katakan sekali lagi "Cobalah buat suatu blog, dan menulislah di sana." Jangan bertujuan untuk keuntungan finansial dulu. Menulis saja, sebagai penyaluran hobi, sebagai pengobat stress, dan sebagai media mengasah kemampuan menulis itu sendiri.

Ada sebuah pepatah Latin mengatakan "verba volant scripta manent." yang kurang-lebih berarti "ucapan akan hilang, tapi tulisan akan bertahan." Dan itu pula salah satu doronganku tuk menulis. Agar ucapanku tidak mudah hilang.

Kamu tidak harus menuliskan sesuatu yang grande seperti krisis Sri Lanka, jaringan teroris internasional, atau proyek-proyek kolonialisasi Mars (ehm, menarik juga sih itu). Cukup tuliskan saja hal-hal yang dekat denganmu, misalnya bagaimana pengalamanmu pertama kali naik KRL, review buku-buku yang pernah kamu baca, atau sesederhana keresahanmu terhadap ayam geprek yang tidak benar-benar digeprek. Yang penting tahu batasan saja, mana yang bisa dan perlu tuk dituliskan, mana yang sebaiknya disimpan sendiri.

Banyak platform telah tersedia tuk kegiatan menulismu, mulai dari yang konvensional seperti blogger.com ini, wordpress, medium, bahkan instagram juga bisa digunakan tuk menyalurkan kegiatan tulis-menulis, bukan? Eh, jangankan instagram, twitter pun bisa, kan?

Kalau saya sendiri lebih suka tuk menulis di platform blogger ini karena sangat mudah digunakan tuk pemula (beginner-friendly), bisa kustomisasi sesuka hati, dan tentunya bisa beli custom domain dari pihak ketiga dengan harga yang cukup miring. Berbeda dengan instagram, misalnya, menulis di blogger ini bisa kita tebalkan, miringkan, garis bawahi, besarkan, kecilkan, coret, ganti jenis huruf, ganti warna, dan sebagainya. Selain itu, fitur yang saya suka dari blogger ini adalah arsip tulisan kita bisa terekam dengan sangat baik berdasar bulan. Fitur pencarian juga cukup baik, ketika kita ingin mencari tulisan beberapa tahun yang lalu namun lupa judulnya. Di setiap tulisan juga bisa kita sertakan tags, yang bisa digunakan lebih memudahkan dalam pencarian ke depannya. Tidak seperti instagram, misalnya yang agak sulit kalau kita ingin akses tulisan kita sendiri yang sudah lama banget.

Maka, menulislah mulai saat ini juga. Tidak masalah kalau tulisanmu belum profitable. Tidak masalah kalau yang kamu tuliskan adalah hal-hal remeh temeh sebagaimana ku sebutkan di atas. Tidak perlu malu dengan siapa-siapa. Mulai saja dulu. Dan lihatlah progress-mu sendiri setelah bertahun-tahun berlatih.


Bogor, 31 Juli 2022

Masa bulan madu dah habis, saatnya kembali ke dunia nyata




No comments:

Post a Comment