Tuesday 11 August 2020

Channel YouTube Favorit [Part 2]

pada blog sebelumnya saya telah membuat daftar channel YouTube favorit saya yang berasal dari luar negeri, kali ini akan saya tuliskan daftar tontonan favorit saya dari channel YouTube lokal yang siapa tahu berguna dan kalian mau tonton juga [?]

1. kok bisa?

kok bisa adalah salah satu channel sains dalam negeri yang mencoba untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang seolah sepele, dan membuat kita jadi bergumam.. "hmm iya ya, kok bisa ya?" misalnya seperti video di atas (kenapa kita kesemutan?) seolah-olah sepele dan "ya emang gitu. emang dari sananya." tapi pembahasannya bisa menyinggung hal-hal lain yang sangat menambah wawasan kita.

kalau diperhatikan, kok bisa ini meniru channel Kurzgesagt (in a nutshell), mulai dari gaya animasinya, narasinya, bahkan tema yang diusung. hanya saja kok bisa ini lebih lokal, lebih ringan, dan lebih relate dengan kehidupan sehari-hari.


2. Eno Bening


channel eno bening berisi hal-hal yang bervariasi, dari review meme sampai diskusi filsafat (sesuai dengan background pendidikan sang kreator). eno juga terkadang membahas apa yang sedang terjadi di internet (dalam rubrik seputar internet), misalnya saat dia membahas tentang pewdiepie vs t-series (yang sudah berlalu cukup lama). 

3. GadgetIn


"hai gais, david di sini..." adalah salam pembuka dari channel ini. sesuai namanya, GadgetIn banyak mengulas gadget-gadget terbaru yang barangkali 90% persen dari penontonnya (termasuk saya) cuma bisa nonton tanpa pernah beli. dari laptop, smartphone, sampai speaker bluetooth diulasnya. bahkan david juga pernah membuat video proses pembuatan smartphone di pabrik xiaomi batam.

hmmm, apa lagi ya.. jarang nonton channel lokal sih jadi tidak terlalu familiar.
paling kalau pas random banget nonton siaran ulang ILC, nonton integration bee MIT (yaitu orang-orang yang saling berlomba menyelesaikan persamaan integral), atau browsing lagu-lagu j-pop 🤨

11/08/2020


No comments:

Post a Comment