Monday 10 August 2020

Channel YouTube Favorit [Part 1]

kapan terakhir kali nonton tv?
ehm.... kapan ya, seminggu yang lalu? dua minggu yang lalu, sebulan yang lalu? atau sudah berbulan-bulan tidak menontonnya?

tapi, kapan terakhir kali nonton youtube?
semalam? satu jam yang lalu?

kala internet menjadi semakin murah dan cepat, belum lagi harga smartphone yang semakin murah dengan kekuatan yang semakin mumpuni, kebiasaan kita pun bergeser kan. dari yang tadinya mungkin baca koran cetak, sekarang bacanya koran digital, dari pendengar radio jadi pendengar podcast, dan yang tak kalah banyak adalah penonton televisi yang beralih ke youtube.

kenapa youtube? karena mudah, gratis, dan isinya sangat bervariasi. kita bisa nonton apa saja yang kita inginkan di sana. pingin belajar masak? ada acaranya. pingin dengar orang ghibah? wow ada juga. mau lihat ulasan gadget terbaru (yang kemungkinan besar cuma bisa kita tonton tapi gak pernah beli)? ada juga dong!

saya sendiri punya beberapa channel favorit di youtube yang mungkin bisa jadi referensi bahan tontonan kalian. berikut daftarnya.

1. veritasium


veritasium adalah channel milik derek muller, seorang science communicator. di sana dia banyak membahas fisika, yang tentu saja adalah latar belakang pendidikannya. cara penyampaiannya ringan  dengan visualisasi yang ciamik. tak hanya fisika secara umum, derek juga membahas cara kerja otak, penemuan skala suhu celsius, bagaimana fenomena-fenomena fisika di lingkungan 0 gravitasi, dll. sangat recommended bagi anda-anda yang senang ngulik fisika secara pop (bukan dengan kuliah lisan di kelas).

2. vsauce3


ada 3 macam channel vsauce di youtube, yaitu vsauce itu sendiri yang dibawakan oleh michael stevens, vsauce2 dengan kevin lieber, dan yang paling saya senangi adalah yang terakhir vsauce3 yang dibawakan oleh jake roper. video-video vsause selalu dibuka dengan sapaan awal yang khas "hi vsauce, michael here / kevin here / jake here..."
ketiga macam vsauce itu pun memiliki topik yang agak berbeda satu sama lain, meskipun sama-sama nerdy and science related stuff juga. tapi menurut saya, jake roper cinematography nya yang paling ciamik. dia juga banyak membahas film-film hollywood dari segi ilmiahnya. misalnya video di atas, yang masuk dalam series "can you survive", dia membahas fenomena-fenomena fisika dalam film-film populer dan memperkirakan apa yang akan terjadi pada tubuh kita (apakah bisa selamat).
vsauce1 (michael) dengan latar belakang psikolog, juga punya series sendiri yang dinamai "mind field." dalam series itu michael membahas berbagai fenomena psikologis.
nah, kalau kevin lieber lebih umum bahasannya. dari penemuan warna hijau, dunnbar number (a good video, look it up), sampai teori probabilitas.

3. numberphile


sesuai dengan namanya, numberphile adalah sebuah channel youtube dengan video-video yang banyak membahas matematika. mulai dari teori bilangan (number theory), kriptografi (ilmu penyusunan kode rahasia), probabilitas & statistik, dinamika fluida, bahkan sampai review kalkulator!
dari numberphile saya mengerti bahwa matematika itu tak harus melulu tentang numbers, tetapi cara kita untuk menyelesaikan masalah (problem-solving) dengan bantuan numbers tersebut.

4. 3blue1brown


serupa numberphile, 3blue1brown adalah sebuah channel matematika besutan seorang lulusan matematika stanford, grant sanderson. kalau belum pernah melihat "wujud" asli grant, pasti orang akan mengira pastilah ia seorang pria umur 40an dengan jenggot tebal, lah ternyata masih muda lho. baru lulus tahun 2015 silam (hanya setahun lebih tua dibandingkan saya).
yang membuat 3blue1brown keren adalah karena ia mampu membuat orang untuk "engage with mathematics" (menyadur istilah yang ia gunakan di pidato tedxtalks-nya). visualisasi dan animasi-animasinya sungguh ciamik dan sangat memudahkan kita dalam mengerti konsep matematis yang sulit. lebih kerennya lagi, visualisasi tersebut dibuat dengan sebuah library python buatannya sendiri, yang ia namai manim (penjelasan lebih lanjut bisa diklik di githubnya).

ehm, basically tentang matematika dan fisika, ya. 😂
nanti akan saya buatkan Part 2 untuk yang lokalnya.

10/08/2020
seminggu lagi upacara kemerdekaan,
apakah akan diadakan secara daring? 🤔


No comments:

Post a Comment