Friday 30 September 2016

Review: Life of Pi - Kisah Pi

Life of Pi - Kisah Pi Life of Pi - Kisah Pi by Yann Martel
My rating: 4 of 5 stars

ini merupakan cerita yang sangat menggugah jiwa, sebagaimana slogannya "cerita yang akan membuat anda percaya pada Tuhan". Jika anda mengharapkan hubungan yang mesra antara Pi dengan harimau yang dibawanya, bersiap-siaplah kecewa sebab buku ini tidak semata-mata bercerita tentang hal itu. cerita ini akan membawamu ke dalam dunia Pi, dunia yang irasional sebagaimana Pi yang kita pahami dalam matematika.

cerita ini dibawakan dalam sudut pandang orang pertama. diceritakan dari segi penulis maupun Pi dengan 'suara' masing-masing, yang disimbolkan dengan gaya penulisan yang berbeda. ketika penulis bertutur, dia menggunakan tulisan tercetak miring (italic) sedangkan cerita oleh Pi sendiri tercetak dalam bentuk tulisan normal.
ketika baru membuka di halaman-halaman pertama, sejujurnya saya merasa bosan dengan pembahasan penulis tentang sloth sehingga saya menutupnya dan tidak membacanya lagi selama berbulan-bulan. dan, waktu itu juga saya sedang (sok) sibuk dengan tugas akhir yang tiada akhir.
tetapi setelah masuk ke cerita tentang Pi itu sendiri, saya mulai terkagum-kagum. Pi adalah gambaran ideal mengenai orang yang beriman -orang yang percaya Tuhan. dia tidak akan serta merta mengeluh dengan keadaan yang ada. deru ombak yang terus berlangsung setiap hari, setiap waktu bukanlah sesuatu hal yang membuatnya menjauh dan meninggalkan Tuhan, justru keadaan yang serba sulit akan membawa kita menjadi lebih dekat lagi kepada Tuhan.
saya mendapatkan dan membaca buku ini setelah menonton filmnya. menurut saya, filmnya sungguh kurang 'nendang'. banyak detail yang dihilangkan dari sana. sehingga saya membelinya secara online, dikarenakan sudah tidak ada di toko buku.
akhirnya, bagaimana cerita ini akan membuat anda percaya kepada Tuhan? bacalah dan temukan jawabannya sendiri.

View all my reviews - via goodreads



No comments:

Post a Comment