Tuesday 27 September 2016

Review: Tan: Sebuah Novel

Tan: Sebuah Novel Tan: Sebuah Novel by Hendri Teja
My rating: 5 of 5 stars

pertama kali saya melihat buku ini, saya pikir ini buku biasa-biasa saja, sama seperti buku sejarah lain yang membosankan. tetapi karena rasa penasaran maka saya beli juga.

pada halaman-halaman depan, terus terang saya belum mendapatkan feelnya. tetapi semakin saya membaca, semakin saya merasakan masuk ke dalam dunia Tan di abad dua puluh awal. cerita yang dibawakan begitu mengalir seperti air sungai yang jernih dengan ikan yang berwarna-warni di dalamnya. tidak ada rentang tahun, apalagi tanggal sebagaimana sejarah dibawakan pada umumnya.
cerita Tan dari mulai kehidupannya di Nederland, perjuangannya sebagai presiden Partai Komunis Hindia (PKH), hingga kisah asmaranya yang berliku digambarkan dengan begitu apik oleh sang penulis. selain kehidupan Tan yang diceritakan dari sudut pandang orang pertama oleh penulis, kita juga mendapat banyak sekali pelajaran mengenai istilah-istilah Belanda yang digunakan pada jaman dulu (yang dulu kita hafalkan di sekolah, tapi tidak hafal-hafal juga), mengenai kerja paksa, politik di jaman kolonialisme, semua begitu detail hingga rasanya kita bisa merasakan setiap peristiwa, menapakkan kaki di Hindia pada jaman itu, dan mendengar setiap langkah kuda tunggangan di dalamnya.
sangat disarankan bagi yang tidak begitu menyukai sejarah. cerita ini bisa memotivasi anda lebih dari buku-buku motivasi karangan para motivator ternama. trust me!

View all my reviews - via goodreads


No comments:

Post a Comment