Thursday 6 October 2022

Menelisik arti pose foto khas pejabat

 

sumber foto

Senyum tipis malu-malu, berdiri tegak dengan dada yang sedikit membusung, tangan mengepal atau menunjukkan ibu jari. Begitulah beberapa ciri foto ala pejabat dalam hampir semua acara formal maupun non-formal. Di balik pose andalan yang itu-itu saja, ternyata bisa memiliki arti yang lumayan mendalam.

Tangan mengepal secara tersirat menunjukkan semangat, utamanya dalam konteks pejabat sebagai pelayan masyarakat adalah semangat tuk melayani. Hal ini sesuai dengan nilai-nilai ASN BerAKHLAK, yaitu Berorientasi pelayanan.

Tangan mengepal juga bisa berarti persatuan. Jari jemari yang menyatu membentuk kepalan tangan, sejalan dengan nilai-nilai whole of government yang meniadakan ego sektoral dan dikotomi antar golongan di dalam lembaga. ASN sebagai ujung tombak dari pelayanan publik seharusnya mengutamakan pelayanan publik di atas golongan dan lembaganya masing-masing.

Senyum tipis melambangkan keikhlasan dalam bekerja tuk melayani masyarakat. Hal ini juga sejalan dengan tagline ASN Bangga melayani bangsa. Sebagai seseorang yang digaji dari uang pajak masyarakat, tentunya para pejabat ingin menunjukkan pelayanan yang maksimal kepada para pembayar pajak dengan penuh rasa bangga.

Pandangan yang lurus ke depan menunjukkan visi yang besar, menatap kemajuan bangsa dan negara dan peran mereka tuk mewujudkannya. Seperti menegaskan "inilah progress, dan kami adalah bagian dari progress itu."

Dah ah, capek.


Sumber: ngarang


Tangerang Selatan, 6 Oktober 2022
Selamat sore



No comments:

Post a Comment