Friday 18 February 2022

Nginggris sih nginggris, tapi ya gak gitu juga...

Solusi "brachistochrone" versi Isaac Newton,
yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan tulisn di bawah.

Pernah dengar "bahasa inggrisnya pecel"? ada yang menyebut bahasa inggris pecel itu vegetable salad with peanut sauce. Lantas bahasa inggrisnya lotek apaan dong? Kan lotek juga sayuran yang dikasih bumbu kacang?

Ada sebuah guyonan di internet, kalau kita pesen lotek itu harganya 10rb, tapi kalau pesennya vegetable salad with peanut sauce harganya jadi 100rb. Ehm, gak gitu juga sih.

Beberapa tahun silam pernah ramai masalah Best Food in CNN's World's 50 Best Foods dan rendang masuk sebagai peringkat pertama. Lho, rendang saja tetap disebut rendang. Mengapa pecel tidak?

Harusnya sih, nama atau identitas itu ya gak perlu diinggriskan. Orang Jepang ketika menyebut sushi, sashimi, onigiri, dan berbagai makanan tradisional mereka dengan nama aslinya, dan orang-orang di luar Jepang juga tidak lantas "menginggriskan" nama-nama itu, bukan? Orang tidak menyebut fish rolled with rice untuk sushi, atau raw fish topped on rice untuk sashimi. Sushi itu ya sushi, sashimi ya sashimi. Oke mungkin ada beberapa hal yang diterjemahkan, misalnya tori katsu menjadi chicken katsu, tapi kan karena ayam atau chicken itu adalah hal yang generik (tori di situ dari kata niwatori yang artinya ayam 🐔🍗).

Dan begitu pula seharusnya untuk pecel, lotek, rujak cingur, nasi uduk, papeda, dan berbagai macam makanan daerah lain. Pecel, lotek, dll itu ya tetap disebut demikian dalam bahasa apa pun. Baru deh kalau ditanya what is pecel? bisa dijawab dengan: "pecel is vegetable with peanut sauce". Kalimat itu sendiri adalah deskripsi dari pecel, bukan sekonyong-konyong bahasa Inggris dari pecel. Kalau ada temanmu bernama Pak Slamet atau Mas Cipta tidak lantas menjadi Mr. Congratulations atau Mr. Create kan? Atau sebaliknya kalau ada seorang Mr. Smith kan tidak lantas menjadi Pak Pandai Besi.


Tangerang, 18 Februari 2022

random banget tiba-tiba kepikirran nulis ini




No comments:

Post a Comment