Sunday 3 May 2015

ChatDoctor : Keren meskipun Taglinenya Wagu


via : maxmanroe.com
beberapa hari yang lalu saya dikabari oleh teman saya tentang sebuah aplikasi konsultasi kesehatan gratis. aplikasi ini bernama ChatDoctor. dan teman saya ini, tak lain dan tak bukan adalah CEO dari aplikasi tersebut. aplikasi yang katanya pertama dan satu-satunya di Indonesia ini menyediakan konsultasi real time dengan dokter-dokter yang ada. 
cara pengoperasian aplikasi ini relatif mudah, seperti mengoperasikan aplikasi whatsapp atau sms di hp, sehingga tidak perlulah tutorial untuk mengoperasikannya. aplikasi ini dapat dijalankan di android versi 3.0 ke atas dan dapat diunduh secara gratis di playstore. ketik saja chatdoctor di kolom search playstore anda.
nah, berikut ini akan saya tuliskan beberapa kekurangan dan kelebihan aplikasi ini, menurut subyektivitas saya tentunya.


tagline yang wagu
nah, kita mulai dengan menjelek-jelekkan aplikasi ini dulu. hehehe.
tagline aplikasi ini menurut saya agak sedikit wagu (red, awkward dalam bahasa jawa). bagaimana tidak. aplikasi ChatDoctor ini memiliki tagline "connecting your health" yang dalam bahasa Indonesia berarti menghubungkan kesehatan anda. menurut sang developer, tagline ini mengindikasikan bahwa kesehatan para member chatdoctor akan terhubung dalam satu sistem chatdoctor. dan menurut saya, tagline ini kurang orisinil, sebab, ia merupakan tagline sebuah perusahaan handphone yang dulu sempat berjaya. yak, nokia dengan "connecting people"-nya. apakah mungkin sang developer memang terinspirasi dari sini?

realtime chat dengan dokter-dokter yang ada
ini kelebihan aplikasi chatdoctor ini. dengan aplikasi ini, kita bisa langsung chatting dengan dokter-dokter yang ada. di sini, bahkan ada dokter spesialis juga, yaitu spesialis bedah, spesialis kandungan dan dokter gigi. sehingga jika kita menjadi member aplikasi ini, apabila kita tidak ada kenalan / teman dokter untuk konsultasi langsung saja, buka chatdoctor. bayangkan berapa rupiah yang kita simpan dengan menginstall aplikasi ini (modal hape juga sih).

beberapa kelebihan lain
beberapa kelebihan lain dari aplikasi ini adalah sebagai berikut :
tampilannya yang sederhana dan user-friendly.
gratis, kecuali hanya modal pulsa untuk akses internet.
teknisi dan customer service yang representatif.
login dengan nomor hp sehingga mudah diingat.

login dengan nomer hape

ada fitur artikel kesehatan, ini akan terhubung langsung ke ayosehat.net
itu di menu kedua dari atas...
artikel kesehatan
nah, di sini kita juga bisa lihat profil dokter yang ada dan alamatnya.. cukup klik di dokternya di daftar dokter, dan klik profilnya (klik di nama), seperti kalau kita mau lihat profil orang di whatsapp.
contoh profil dokter



beberapa kekurangan lain
beberapa kekurangan lain dari aplikasi ini antara lain :

nah, ketika baru masuk (log in) ke aplikasi, kita akan bingung sebab dihadapkan pada layar kosong, seperti gambar di samping. kita akan mengira bahwa aplikasi ini crash. sebenarnya ini adalah laman konsultasi, atau seperti chat history di whatsapp, sehingga jika kita belum melakukan chatting apapun dengan dokter (baru masuk), laman konsultasi ini akan kosong.
loh kok kosong?
untuk memulai, caranya adalah usap layar dari kiri ke kanan, sehingga akan muncul beberapa menu, pilih daftar dokter. nah, di sana dokte yang ada tanda biru itulah yang sedang online dan dapat kita hubungi.
setelah diusap ke kanan, dan klik daftar dokter.
nah, menurut saya seharusnya jika kita log in langsung saja ke halaman daftar dokter ini, supaya orang awam tidak langsung menganggap bahwa aplikasi ini crash sebab tidak ada apa-apa (blank) di layar.
kekurangan lain adalah, kita tidak bisa tahu keabsahan (validity) dari dokter-dokter yang ada. tidak ada bukti yang otentik bahwa dokter-dokter di chatdoctor adalah benar-benar dokter, bukan robot atau admin yang menjawab chat-chat dari para member.

kesimpulan
menurut saya, aplikasi chatdoctor ini merupakan aplikasi yang layak untuk didownload. sebab, tanpa koneksi (link) kenalan dokter kita bisa berkonsultasi mengenai sakit kita 24 jam, ya walaupun butuh koneksi internet juga. lagipula aplikasi ini juga gratis sepenuhnya, dan hanya memerlukan kurang dari 5 MB internal memory di smartphone android kita.
kekurangan-kekurangan yang ada hanyalah kekurangan minor dan tidak terlalu berpengaruh pada pengoperasian aplikasi ini.
so, mau konsultasi kesehatan gratis? download ChatDoctor sekarang juga!

Daaru Hiraa, 3 Mei 2015



No comments:

Post a Comment