Tuesday 4 January 2022

Review Kartun Biologi

Kartun Biologi Kartun Biologi by Larry Gonick
My rating: 4 of 5 stars

Awalnya saya iseng beli Kartun Fisika dari pengarang yang sama. Benar-benar iseng tanpa ekspektasi apa pun. Ternyata Kartun Fisika memang bagus, bukan hanya "jargon" tapi betulan "berisi." Lalu saya jadi tertarik untuk menelusuri buku-buku Gonick yang lain dan diputuskanlah untuk membaca Kartun Biologi ini. Dan kebetulan Kartun Biologi menjadi buku pertama yang saya selesaikan di tahun 2022. Pembahasannya sungguh membuka wawasan. Bahkan bagi saya yang selama SMA mengalami kesulitan di pelajaran Biologi, buku ini cukup mudah dimengerti.

Pembahasan Kartun Biologi dimulai dari tingkat paling dasar, atom dan bagian-bagiannya, dilanjutkan molekul, protein, sel, lalu skala pembahasannya makin besar hingga di skala bioma dan ekosistem. Semuanya dijelaskan dengan runut. Hanya saja, beberapa bagian masih terasa "grusah-grusuh" atau terburu-buru. Tapi di sisi lain, beberapa hal justru dijelaskan "terlalu banyak" dan terlalu jauh dari premis utama (yaitu biologi), misalnya bahasan mengenai atom dan bagian-bagiannya (yang lebih cocok untuk buku kimia) dan bahasan mengenai energi (yang sepertinya lebih cocok untuk buku fisika).

Kartun Biologi ini membuat saya menyesal. Benar-benar menyesal. Menyesal karena baru membacanya sekarang alih-alih dulu pas masih duduk di sekolah menengah. Segala hal yang dulunya membuat saya pusing kini menjadi (sedikit) lebih cerah dengan buku ini. Saya jadi tahu apa yang dilakukan oleh ATP, apa saja jenis dan peran protein dalam sel, bagaimana sel dan materi genetiknya memperbanyak diri... Semuanya dituliskan dengan indah dalam goresan komik yang tidak membosankan. Berbeda dengan pelajaran di kelas yang terkesan hanya "menjejali" dengan pengetahuan dan istilah-istilah rumit. Memang tidak seharusnya menyandingkan atau membandingkan komik ini dan/atau komik-komik lain yang serupa dengan buku diktat sekolah, tapi setidaknya buku ini bisa menjadi suplemen untuk menambah pemahaman materi yang didapat di kelas.

Jika kamu kesulitan dengan pelajaran biologi di sekolah, cobalah baca buku ini. Lumayan mengatasi kebingunganmu akan istilah-istilah rumit karena di buku ini meskipun istilah-istilah rumit itu tetap dipakai (dan memang seharusnya demikian), kita diberi gambaran yang lebih jelas lho dengan ilustrasi-ilustrasi dan humor-humor tipis dari pengarangnya.


Tangerang, 4 Januari 2022
Harus mengoleksi seluruh serial ini...



No comments:

Post a Comment