Monday 10 June 2019

Cara Menjadi Manusia Seutuhnya di Tempat Umum


jangan menjadi asshole ketika di tempat umum. berikut tutorialnya.

buanglah sampah pada tempatnya
kalimat ini terdengar cukup cliche, tapi banyak juga dari kita yang tidak terlalu memperhatikan dan mengamalkannya. jangan buang sampah semena-mena. ini juga berlaku jika di mobil pribadi. kalau kamu mau nyampah, simpan dulu itu sampahmu di dalam sampai nanti tiba di tempat tujuan. jangan seenaknya buka jendela dan melemparkannya keluar. itu mobil memang punyamu, tapi jalan raya itu bukan. coba bayangkan bagaimana perasaanmu kalau ada seorang random yang tiba-tiba melemparkan sampah ke dalam mobilmu.

budayakan antre
ini pun ku rasa juga tak kalah cliche. budayakan antre, di mana pun. ajari pula anak-anakmu, terutama anak balitamu agar mau mengantre juga. jangan jadikan mereka tameng untuk menyelak antrean, dengan cara menyerobot orang yang sudah lebih dulu antre dan menggandeng anak balitamu.  "hai dek, sini.." sungguh itu tidak keren. atau ketika banyak orang sedang ngantri nasi goreng, lantas dengan alasan "maaf, anak saya udah lapar." lah emang kamu kira mereka ngantre cuman iseng doang?
atau dengan sok senior atas usiamu. mentang-mentang kamu ibu-ibu (atau bapak-bapak) yang lebih tua, bukan berarti kamu bisa seenaknya menyerobot antrean orang yang lebih muda.

kursi di terminal, stasiun, rumah sakit, manapun lah itu untuk diduduki...
bukan untuk menaruh barang, apalagi ketika kondisi sedang ramai dengan manusia. hey, manusia-manusia yang ada di tempat itu jauh lebih berhak atas tempat duduk yang tersedia daripada barang bawaanmu. pangkulah tas atau barang bawaanmu, agar yang lain bisa duduk. kalau kamu rasa terlalu berat, ya taruh saja di lantai.

hilangkan mental sok juragan
jaman sekarang makin banyak minimarket yang menyediakan meja dan kursi di emperannya untuk pelanggan. kini, kita bisa mampir sebentar setelah beli minuman ringan dan memakai meja-kursi yang tersedia. ada juga yang rokokan. tapi, jangan lantas ketika kamu mau pergi, bungkus makanan, minuman, atau rokok yang sudah habis itu kamu tinggalkan begitu saja. buanglah ke tempat sampah yang sebenarnya juga tak jauh-jauh amat dari situ. mereka bukan pelayanmu. jangan sok juragan. kamu cuma beli minuman yang harganya barangkali tak sampai 10ribu. kamu tak membayar mereka untuk membereskan sampahmu.
begitu pula kalau kamu nonton bioskop dan membeli popcorn dan minuman. selesai nonton, bereskanlah sendiri. bawa keluar dari gedung theater dan buang ke tempat sampah. jangan pakai dalih "kan sudah kerjaan mereka." jangan jadi asshole. apa salahnya meringankan pekerjaan orang lain.



No comments:

Post a Comment