Tuesday 21 June 2016

Pentingnya Shalat

suatu hari ada seorang ibu sebut saja Ani mengunjungi temannya sebut saja Anna. Ani mengeluhkan tentang anaknya yang tidak mau shalat, berbeda sekali dengan anak ibu Anna yang rajin sekali shalat berjamaah di masjid. padahal secara kasat mata, kualitas ibadah Anna tidak jauh beda dengan Ani. tapi kok bisa, anak-anak mereka berbeda sekali.
"apa resepnya bu?" tanya Ani

"ada satu doa yang diajarkan oleh pak ustad. berikut doanya.

robbij'alni muqimash sholati wa min dzurriyyati
robbana wa taqobbal du'a-(i)



artinya 

Ya Tuhanku, jadikanlah aku dan anak cucuku orang yang menegakkan sholat.
Ya Tuhan kami, perkenankanlah doaku."

kemudian Ani menambahkan, "anak-anak kita adalah cerminan diri kita. buah jatuh tak jauh dari pohonnya. di samping kita doakan demikian, kita juga harus contohkan pada mereka sejak kecil."

dalam doa tersebut disebutkan "muqimash sholat" atau orang yang menegakkan shalat. bukan sekadar melaksanakan, tetapi menegakkan. bedanya, kalau melaksanakan bisa saja hanya melaksanakan sekehendak dia, sesempatnya dia. kadang shalat kadang tidak, tetapi kalau menegakkan artinya adalah tetap melaksanakan bagaimanapun keadaannya. semalas apapun. dan di antara tanda menegakkan shalat adalah dengan melaksanakan shalat berjamaah di masjid.
shalat adalah tiang agama. shalat merupakan pembeda antara muslim dengan kafir. pada hakekatnya memang pembeda antara muslim dengan nonmuslim adalah syahadat, tetapi wujud dari keislaman itu adalah bahkan ada ulama yang mengatakan, apabila seseorang tidak shalat maka tidak wajib bagi kita untuk merawatnya sebagaimana jenazah muslim, tidak wajib bagi kita untuk menyolatinya. ada pendapat yang ekstrim artinya apabila tidak shalat, apapun alasannya apakah malas atau meremehkan. ada pula pendapat yang mengatakan apabila orang tersebut tidak shalat karena meremehkan kewajiban shalat, maka tidak usah disholatkan ketika meninggal dunia, tetapi apabila dia meninggalkan shalat sebab kemalasan maka masih ditolerir. dia berdosa, tetapi dia belum keluar dari islam.
begitu pentingnya shalat sehingga ia merupakan satu-satunya ibadah yang harus senantiasa diingatkan, melalui panggilan adzan lima kali dalam sehari semalam. begitu pentingnya shalat sehingga anak-anak meskipun belum balig harus dilatih untuk menegakkan shalat sedari kecil usia 7 tahun. begitu pentingnya shalat, sehingga apabila di usia 10 tahun anak tidak mau shalat harus dipukul.
anak-anak kita adalah orang-orang yang kelak akan mendoakan kita. syarat doanya diterima adalah anak harus soleh. salah satu tanda kesolehannya adalah sholat.
semoga kita (kelak) diberikan anak-anak yang soleh-soleha, yang manut kepada orang tuanya. dan tentu saja, hal itu dimulai dari memilihkan ibu untuk mereka.
yah you know lah maksudnya.
semangat skripsi.

Lab OTK STTN BATAN, 21 Juni 2016 | 16 Ramadhan 1437
ya Allah tumben ini lab sepi amat
tulisan ini saya sadur dari ceramah pak ustad tadi pagi ba'da shalat subuh
rabbij'alni muqima-l-shalati wa min dzurriyyati, rabbana wa taqabba-l-du'a(i)



No comments:

Post a Comment