Sunday 31 January 2016

Penggunaan di

kalau anda sering bermain-main ke 9gag, akan banyak ditemui orang-orang English native speaker bingung membedakan antara your dengan you're, they're dengan there. sebenarnya tidak cuma di 9gag sih, di FB pun banyak yang demikian.
dan ternyata eh ternyata, kebingungan itu juga dialami oleh kita-kita sebagai rakyat Indonesia yang Bhineka ini. masih banyak sekali di antara kita yang bingung dalam penulisan "di". kebingungannya ya di sekitaran hal itu, penulisannya dipisah atau disambung? saya akan mencoba menerangkan kembali apa yang pernah disampaikan oleh guru bahasa Indonesia kelas 3 SD saya.


"di" bisa bersifat sebagai awalan atau kata depan (preposisi)
jika "di" digunakan sebagai awalan, maka penulisannya disambung (tanpa spasi).
contoh : dimakan, dibakar, dst.
jika "di" digukanan sebagai preposisi, maka penulisannya dipisah (dengan spasi).
contoh : di ruangan, di kamar, di rumah, dst.

lantas, bagaimana membedakan apakah "di" itu digunakan sebagai preposisi atau awalan? mudah saja kata guru saya. jikalau yang mengikuti "di" adalah nama tempat, maka penulisannya dipisah (spasi). selain itu maka tidak dipisah (sambung).

ya sudah, begitu saja penjelasan dari guru saya (yang dituliskan kembali). biasakanlah menulis bahasa Indonesia dengan baku. siapa tahu suatu saat nanti kemampuan penulisan bahasa Indonesia yang baku diperlukan. ehm, saat penyusunan skripsi misalnya.

kalau ada yang ingin ditanyakan, bisa langsung ke guru saya. eh gak ding, bisa langsung cari dari sumber lain yang lebih reliable. karena apalah hamba ini dibandingkan luas samudera.

tabik.

di kamarku yang kecil dengan sambungan internet yang besar. hehehe
JOY
20160131


No comments:

Post a Comment