Monday 17 August 2015

Kerja Praktek

kerja praktek adalah salah satu mata kuliah wajib yang menurut buku pedoman akademik STTN (seharusnya) diambil di semester delapan, tetapi karena kebijakan kampus agar semester ke delapan lebih fokus ke tugas akhir maka diperbolehkan untuk mengambil mata kuliah ini sebelum menuliskan ke kartu rencana studi terlebih dahulu.
kerja praktek katanya perlu untuk melatih dan mempersiapkan diri para mahasiswa agar siap di dunia kerja. kerja praktek dilakukan di industri sesuai minat mahasiswa, atau mungkin lebih tepatnya sesuai dengan luck mahasiswa apakah proposalnya diterima atau tidak di industri yang diinginkannya.
kerja praktek bukan hanya soal memenuhi beban sks atau mendapat nilai belaka. di dalamnya terdapat banyak pembelajaran. bukan hanya soal teknis masalah keindustrian. lebih dari itu.
kerja praktek memberi saya banyak sekali pelajaran. tentang kedisiplinan, tentang etos kerja, dan tentang kerasnya hidup.
selama saya kerja praktek di salah satu industri baja di cilegon ini, saya banyak mendapat pelajaran di luar yang saya dapat selama di bangku kuliah. para kuli proyek yang harus berangkat pagi-pagi dengan memakai sepatu dan helm keselamatan mereka, dan sebatang putih kecil rokok di tangan mereka. begitu setiap hari.
kerja praktek juga mengajarkan kepada saya bahwa di dunia kerja, kamu tidak harus bekerja sesuai jurusan kuliahmu. ada lulusan teknik listrik yang menjadi staff dinas lingkungan hidup, ada lulusan SMK mesin yang jadi analis, bahkan di bagian humas. warna-warni hidup itu.
mungkinkah saya nanti akan bekerja tidak sesuai bidang kuliah yang saya dalami empat tahun ini? hanya Tuhan yang tahu.


Serang, 17 Agustus 2015
di suatu ruangan di rumah teman



No comments:

Post a Comment