Wednesday 15 September 2021

Berterima Kasih kepada Fritz Haber


ketika ditanya "apa penemuan paling hebat di abad ke dua puluh?" orang akan menjawab, pesawat telepon, televisi, komputer, atau barangkali internet. padahal, ada satu orang di bidang kimia yang jasanya tak kalah besar untuk kemaslahatan manusia. penemuannya tidak kalah hebat dengan pesawat televisi atau koneksi internet. dialah fritz haber.

fritz haber adalah seorang kimiawan jerman yang berhasil mensintesis amonia, salah satu senyawa penting dalam berbagai bidang kehidupan, dari unsur-unsur penyusunnya (gas hidrogen dan nitrogen). awalnya amonia diperoleh dengan proses yang sangat tidak efisien, lalu haber berhasil menemukan proses reaksi sintesis yang jauh lebih efisien.

sekitar 80% produksi amonia digunakan untuk pembuatan pupuk urea. selama 100 tahun terakhir, senyawa amonia secara tak langsung telah membantu meningkatkan panen jutaan hektar ladang di seluruh dunia. kelimpahan hasil panen tentunya berdampak kepada pemenuhan makanan pokok penduduk dunia yang terus bertambah secara eksponensial.

penemuan haber tersebut berhasil merevolusi dunia industri. amonia selain digunakan sebagai bahan baku pupuk urea, juga digunakan sebagai bahan baku untuk peledak, pewarna, plastik, dll. proses sintesis amonia terus menerus berkembang, efisiensi proses terus ditingkatkan. proses dengan kebutuhan energi lebih kecil dan hasil jauh lebih melimpah daripada proses awalnya dulu terus diteliti dan dikembangkan.

atas penemuan yang revolusioner tersebut, haber dianugerahi hadiah nobel kimia pada tahun 1918. namun, pemberian hadiah nobel tersebut menuai banyak kontroversi. pasalnya, selama perang besar 1914-1918, jerman telah banyak menggunakan senjata kimia yang salah satunya adalah amonia. tetapi, sains itu (seharusnya) bebas nilai, teknologi yang tidak. contohnya adalah penemuan proses haber tersebut, tidak terikat nilai apapun. lain halnya dengan proses produksi massal dari amonia itu (teknologi), apakah produksi massal amonia digunakan untuk pembuatan pupuk urea atau digunakan sebagai senjata kimia, tentu saja itu tidak bebas nilai.

apapun pro-kontra yang ada, tentunya dunia yang kita tinggali saat ini tidak akan mampu mencapai kemakmuran (prosperity) tanpa penemuan revolusioner metode sintesis senyawa yang terdiri dari satu atom nitrogen dan tiga atom hidrogen itu. penemuan revolusioner yang kerap kali terlupakan, kalah dengan hingar bingarnya televisi, kemampuan komunikasi jarak jauh dari pesawat telepon, atau berbagai hal yang dapat kita lakukan dengan internet.

terima kasih fritz haber. terima kasih atas jasamu yang begitu besar bagi dunia.

tangerang selatan, 15 september 2021
masih bagian dari 30 menit menulis



No comments:

Post a Comment