Wednesday 3 February 2016

Teknologi Selalu Berkembang : Kuliah Bidang Teknik itu Sia-sia (Katanya)

suatu hari ada seseorang yang mengatakan "percuma mas kuliah di teknik bla bla bla, nanti juga lima tahun lagi teknologinya sudah lebih maju. apa-apa yang anda pelajari juga bakal sia-sia." kemudian saya pun terpikir, "hmm, benar juga ya kata orang ini. lantas, kenapa jurusan-jurusan macam ini masih ada saja? kenapa tidak dihancurkan saja seluruh kampus di dunia ini? apakah ini konspirasi?"
kemudian, di suatu kesempatan yang lain saya bertanya kepada seorang dosen, "bu, kenapa yang saya pelajari selama kuliah di sini cuma alat itu saja, heat exchanger, menara distilasi, reaktor. kenapa tidak belajar alat lain?"
"ya memang kamu kuliah di teknik kimia ya bukan untuk belajar alat saja. lebih dari itu, kuliah di teknik kimia adalah mengenai pola pikir. jikalau kamu sudah mengerti pola pikir di teknik kimia, semaju apapun teknologi ke depannya kamu sudah mengerti, sebab sudah mempelajari core-nya. bayangkan kalau setiap ada alat baru dipelajari, bisa-bisa kamu kuliah tidak akan pernah selesai. sebab dari waktu ke waktu pasti ada kemajuan di bidang teknologi."

begitulah, simpulkan sendiri.
dari sebuah kamar teman, diketik di komputer teman pula.
20160203



No comments:

Post a Comment