Tuesday 10 March 2015

Hidup Kok Ngeluh Terus

terkadang, rasanya aneh juga jadi mahasiswa. dulu, waktu masih belum jadi mahasiswa, pengen banget ngerasain jadi mahasiswa. pengen kuliah. sehingga kerap menghayal, membayangkan bagaimana kehidupan sebagai mahasiswa itu.
sekarang, semuanya berbeda. tentu saja. apa-apa yang belum kita miliki selalu terlihat begitu menarik. tapi, akan berbeda ketika kita sudah memilikinya. begitu pula status mahasiswa.
menjadi mahasiswa tak seindah yang dibayangkan dulu. banyak tugas, sering begadang, kurang tidur, dan sebagainya. tidak seperti yang digambarkan oleh film-film pula.
lalu, munculah keluhan dari mulut-mulut nakal. kenapa sih harus banyak tugas, kenapa sih waktuku harus terkuras untuk mengerjakan tugas kuliahan hampir tiap hari. kenapa.
waktunya habis untuk mengeluh. tak hanya mulutnya mengeluh, jempolnya pun mengeluh. menuliskan kalimat-kalimat keluhannya di media sosial. agar seluruh dunia tahu kelemahannya. agar seluruh dunia mengetahui bahwa dia tukang mengeluh. padahal, waktunya yang habis untuk mengeluh, bukankah lebih baik digunakan untuk mengerjakan tugas-tugas kuliahnya yang setumpuk itu?
masih mending kita diberi kesibukan berupa tugas kuliah yang bertubi-tubi. tak pernahkah kita bayangkan berapa banyak orang di luar sana yang tak bisa kuliah. tak sedikit pula kawan kita di luar sana yang mungkin usianya lebih muda daripada kita, tapi sudah sibuk bekerja untuk menghidupi keluarganya.
hidup kok ngeluh terus.

No comments:

Post a Comment